Friday, January 6, 2017

Balik dari liburan, kudu ngapain

pembaca trendingmatters, udah balik dari liburan belum?
baik sekarang akan diulas di artikel ini, mengenai mesti ngapain sih sekembali dari liburan.

Tips ini dikutip dari artikel berjudul "Everyone Should Know These 10 Tips Before Returning To Work After Vacation" yang ditulis Rashelle Isip.

1. Beresin-rapiin Meja Kerja
buat kamu yang kerja di kantor, jarang turun ke lapangan, rapikan dulu meja kerja kamu. begitu juga dengan kamu yang kerja lapangan dan/atau bekerja di sektor informal, alat kerja kamu dipersiapkan ddengan baik, kalau tumpul asah dulu, kalau aus, ganti baru.

2. Review ulang Kalender terkait pekerjaan
namanya liburan, kamu pasti sempat ga berurusan dengan kerjaan selama beberapa waktu. di hari pertama masuk kerja lagi liatin tuh kalender bakal ada agenda apa aja, se enggaknya untuk seminggu kemudian semenjak hari pertama  kamu balik ke meja kerjamu.

3. Hindari membaca email berdasarkan waktu
ini tips jitu juga nih, kalau periksa email setelah liburan cek berdasrarkan subjek email atau kelompokkan berdasarkan sender (pengirim) nya. dengan begitu kamu kamu akan lebih mudah menghapus mana email kurang relevant dan mana email yang urgent, hal ini juga akan membantumu untuk menyusun prioritas tugas yang dijelaskan lebih lanjut pada point berikutnya.

4. Buat prioritas tugas/pekerjaan
sembari me review email, surat pos, surat suara aka voice mail, coba susun deh mana diantara sekian itu yang sifatnya urgent, perintah tugas, instruksi atasan dll sbg. tips tambahan coba susun 5 tugas paling prioritas untuk seminggu kemudian.

5. Kerjain satu persatu
jangan main hajar semua sekaligus, kerjain satu per satu, meski kamu baru selesai liburan kamu tetap manusia biasa yang potensi nya akan tersalurkan secara lebih baik jika melakukan sesuatu secara fokus. Intinya  do one thing at a time.

6. Singkirin dulu distraksi gak penting
bayang bayang liburan yang menyenangkan, atau ketemu cewe manis  saat liburan di kesampingkan dulu saja. back at work dulu, silent handphone, tutup atau log out dulu sosmed dan aplikasi ga nyambung tapi running di komputer tutup dulu saja (virus atau malware banget ini sih)

7. Siapkan rencana untuk enjoy di pekan pertama dibalik meja

Maksudnya kamu harus merencanakan gimana caranya supaya di tempat kerja tetep enjoy. entah ganti merk kopi, kemeja baru, tata posisi meja kursi baru dan lain lain.

8. Pulang tepat waktu
tips ini mempersyaratkan satu hal, bahwa kamu juga perlu datang tepat waktu, bukan berarti kamu ga boleh pulang belakangan, atau kamu pulang belakangan karena datang belakangan, atau datang telat terus pulang belakangan ya. intinya buat rutinitasnya agar tidak membuatmu merasa tidak nyaman.

No comments:

Post a Comment

Silakan beropini,