Thursday, September 15, 2016

Penelitian : Pria lebih ketergantungan Smartphone dari wanita.



Selamat sore rekan trendingmattersKatakan anda sedang menunggu antrian untuk konsultasi dengan seorang dokter, atau menunggu untuk sebuah appointment  dengan seorang kenalan. Kira-kira berapa lamakah manusia jaman sekarang dapat menahan diri dari memeriksa Smartphone nya?

Sebuah penelitian yang diselenggarakan Kasperrsky Lab di Universitas Wurzburg dan Universitas Nottingham mengungkap hasi temuan menarik. Dengan scenario menunggu sebagaimana telah disebutkan di awal, ternyata rata-rata untuk setiap objek penelitian baik laki laki maupun wanita hanya bertahan 44 detik untuk tidak memeriksa gadget (khususnya Smartphone). Lebih dari itu, secara terperinci disebutkan bahwa para pria (kaum adam) memeriksa smartphone setiap 21 detik, adapun kaum wanita melakukannya sekali dalam 57 detik.




Hal menarik
Jika digali lebih dalam, ketika ditanyakan kepada partisipan, sebenarnya seberapa lamakah yang mereke rasakan jeda antara tiap tiap aktivitas menge-cek smartphone mereka. Ternyata para partisipan mengaku merasa bahwa mereka hanya melakukannya tiap 2 hingga 3 menit. Dan tentu saja menggambarkan betapa signifikannya apa yang mereka rasakan dengan kenyataan yang mereka lakukan.

Seorang pakar bernama Jens Binder dari Universitas Nottingham memberi komentarnya terkait temuan ini : “Orang masa kini lebih punya keterikatan dengan gadget mereka lebih dari apa yang mereka sadari, dan dengan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dengan perangkat-cerdas seolah menjadi kebiasaan nomor dua ketika seseorang sedang sendirian. Belum lagi dengan semakin cepatnya sesuatu bergerak di luar sana yang di hadirkan ke perangkat kita menjadikan orang masa kini menganggap gadget mereka lebih sebagai teman digital untuk mengetahui sesuatu yang terjadi dibanding memandang gadget tersebut semata –mata hanya sebagai teknologi”



Penelitian lain yang juga dilakukan kedua universitas sebagaimana telah disebutkan, juga menghasilkan temuan bahwa aktivitas seseorang yang  menge-cek berulang gadgetnya dapat dikatakan sebagai bentuk dari perasaan –Fear Of Missing Out (FOMO)-, alias kuatir ada yang terlewatkan jika tidak online dan menge-cek gadget. Dan riset juga menunjukkan bahwa mereka (objek) yang menge-cek gadgetnya lebih sering dari rata-rata waktu yang disimpulkan, mereka mengalami level FOMO yang lebih tinggi.


Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa jika diasumsikan tiap orang yang sedang menunggu dan bermain gadget diberikan masing-masing waktu selama 10 menit, maka 5 menitnya diantaranya dipastikan habis bersama dengan gadget pintar.

image source : link
news link : link

No comments:

Post a Comment

Silakan beropini,