Thursday, January 28, 2016

Indonesia dalam percaturan catur Dunia




Sobat semua mungkin cukup sering untuk melihat headline atau tajuk suatu berita yang memuat kata-kata chess -catur-, namun kali ini kita akan mencoba melihat dari sisi lain, yaitu dari bahasa redaksi media ketika memuat berita, misalnya ada berita dengan judul “Indonesia cukup bertaji dalam percaturan kompetisi matematika Internasional” nah kali ini tanpa perlu berpanjang kata, admin trendingmatters akan memberikan ulasan terkait posisi Indonesia, dalam daftar peringkat negara yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan agenda-event resmi catur Internasional.

mari kita simak:

1.Posisi Indonesia secara keseluruhan dari 174 negara.

Dari 174 negara yang masuk dalam daftar peringkat, secara keseluruhan, Indonesia berada di posisi 62 Dunia, terlepas dari adanya segelintir pemain catur yang sangat brilyan dan disegani dari Indonesia misalnya, atau jumlah (kuantitas) grandmaster catur, atau bibit bibit pemain catur bertalenta dari kalangan junior.
Sekaligus menggambarkan bahwa Indonesia terlempar dari 50 besar, disingkirkan oleh Vietnam dan filipina yang note bene sesame anggota ASEAN, namun dapat meduduki posisi (berturut-turut) 39 dan 46.

2. Negara mana saja yang menduduki posisi  Top Five.


Baik kita melihat Rusia China, Ukraina dan USA di 4 teratas,  namun lihatlah Negara yang dikenal menerapkan Swadesi dari Mahatma Ghandi, India berhasil memarkirkan nama di posisi 5.


3. Prancis mewakili Negara eropa barat pada peringkat 6.



Sebagaimana dapat anda perhatikan, Negara eropa barat atau sebut saja European Union (EU) memarkir Prancis tepat di luar 5 besar, kemudian ada Inggris, lalu Belanda dan Jerman, kemudian Spanyol yang elok kiranya untuk kita kelompokkan kedalam the Top 20.

Dari ilustrasi tersebut juga dapat kita lihat bahwa Israel berada pada posisi 11, memarkirkan diri tepat diluar garis 10 besar.

4.Swedia, Denmark, Austria dan Swiss berada dalam top 50.


Jika anda mengakses situs dimana tabel peringkat ini di muat, dengan link sebagai berikut  link, anda akan dapat mengamati bahwa Top 30, berisi nama Negara yang mewakili masing-masing benua,
Ambil contoh, Rusia untuk kawasan Rusia sendiri (atau mungkin Asia), lalu USA untuk Amerika Utara, China untuk Asia, lalu ada Prancis untuk Eropa, kemudian Armenia dan Azerbaijan untuk Asia atau lebih tepatnya asia tengah. Begitupun Argentina di peringkat 25 sebagai wakil Amerika tengah (latin), lalu kembali dominasi Negara eropa seperti Italia dan Yunani. Kemudian hal yang menarik adalah, pembaca bisa mendapati nama Vietnam di peringkat 39 dan Filipina di peringkat 46 keduanya mewakili ASEAN.


5.Jika Indonesia di posisi 62 lalu di posisi berapakah jiran terdekat.



Singapura berada terpaut 5 posisi dibawah Indonesia pada posisi 67, adapun Malaysia berada di posisi 85 hanya 3 posisi lebih baik daripada Nigeria di posisi 88 dan 6 peringkat diatas Jepang, kemudian Brunei di posisi 114, dan Papua Nugini (Papua New Guinea) berada pada posisi 137 dan Timor Leste di posisi 165.


Sebagai tambahan


Hal yang juga menarik untuk disimak adalah bahwa Laos, meskipun bertetangga dengan Vietnam, nampaknya belum banyak mentransfer ilmu catur dari tetangganya tersebut. Tidak heran Syiria yang sedang dilanda konflik masih berada di posisi 93 (Top 100), atau Palestina saja dengan konflik & gencatan senjata yang seolah tidak menunjukkan tanda akan usai, masih di posisi 124, lalu Laos berada di posisi terakhir, posisi 174 dari 174 negara yang ada di dalam daftar peringkat tersebut.


No comments:

Post a Comment

Silakan beropini,